Friday, April 30, 2010

Pasar Malam Setiap Hari

pasar malam murah meriah yang digelar semalam, berhasil memerangkap gundah. masalah terlempar jauh. jauh dari jangkauan lampu warna-warni yang tawarkan berjuta sensasi. atmosfer susah terusir musnah. langit memerangkap sepi. mendekapnya agar tak mengganggu ceria yang warnai hati.

tapi pagi ini komedi putar tlah berhenti. miniatur peluru kendali terpuruk lunglai di bumi. kuda kayu tlah tersungkur di rumput sedikit berlumpur. tak terdengar lagi teriakan histeris dimanja sensasi. orang-orang kembali terperosok kebiasaan sehari-hari. depresi kembali mendominasi. tak bisakah pasar malam sepanjang hari. setiap hari tanpa pernah berhenti?




Note:
Pasar malam menurut wikipedia adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam biasanya merupakan atraksi pariwisata penting di negara-negara sub-tropis dan tropis, ini berhubungan dengan suhu udara di malam hari yang tidak begitu dingin dibandingkan dengan wilayah beriklim dingin. Pasar malam sangat lazim terdapat di Hong Kong, Taiwan dan juga Asia Tenggara khususnya di Indonesia ini.

Yang menonjol dari pasar malam di Indonesia adalah komedi putar. Sebuah hiburan murah meriah yang disukai masyarakat menengah ke bawah. Bagi orang desa, pasar malam merupakan sarana hiburan yang menarik, murah meriah. Mungkin bagi orang kota, pasar malam ini tidak menarik sama sekali, ndeso. Memang pasar malam ini tidak menawarkan permainan modern seperti video game, makanan modern seperti burger, tapi bagi masyarakat desa, pasar malam ini sudah cukup menghibur mereka.



No comments: